Ini 3 Mal Baru di Bogor dan Bekasi yang Siap Hadir di 2014

Jakarta -Kawasan Bogor dan Bekasi, Jawa Barat masih menjadi penyumbang utama kehadiran pusat-pusat belanja (mal) baru di pinggiran Jakarta pada tahun ini. Sementara mal baru di Jakarta relatif masih kena dampak aturan moratorium (penundaan) izin pembangunan mal baru.

Survei perkembang properti komersial Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa geliat mal baru di Bogor, Bekasi dan Tangerang 3 bulan terakhir hingga tahun ini cukup signifikan.


"Penambahan pasokan ruang ritel jual diperkirakan terjadi pada tahun 2014 sejalan dengan mulai beroperasinya Cimandala City Mall (Bogor), Cimandala City Trade Mall (Bogor), dan Bekasi Trade Center II," jelas survei BI terbaru dikutip Kamis (6/2/2014)


Survei BI tersebut memang tak menjelaskan kapan dimulainya beroperasinya tiga mal baru (strata title/jual) tersebut. Namun BI menegaskan kawasan Bogor, Bekasi dan Tangerang banyak menyumbang pasokan ruang ritel (mal sewa) khususnya di triwulan IV-2013. BI mencatat pasokan ritel sewa di Jabodetabek meningkat 5,73% dibandingkan triwulan sebelumnya, sedangkan Banten meningkat 12,73%.


"Penambahan pasokan terjadi di luar wilayah Jakarta seperti Bogor, Bekasi, dan Tangerang sejalan dengan pertumbuhan pusat perbelanjaan baru di 3 kota tersebut. Di Jakarta cenderung stagnan," jelas BI.


Sama seperti Jakarta, pasokan mal (sewa) baru di Bandung juga tak mengalami penambahan atau tetap hanya 713.030 meter persegi.


Sementara itu BI juga mencatat untuk pasokan mal/ritel (strata title/jual) di Jabodetabek tak mengalami penambahan pada triwulan IV-2013 stagnan yaitu tetap 1,75 juta meter persegi, di Bandung pun tetap 190.000 meter persegi dan Banten tetap 585.670 meter persegi.


Survei Perkembangan Properti Komersial Bank Indonesia (BI) merupakan analisa triwulanan properti yang dilaksanakan sejak triwulan I-1996. Sejak triwulan I-2006, jumlah responden ditambah menjadi sekitar 745 perusahaan properti di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Banten (Tangerang, Serang, dan Cilegon) dan 50 perusahaan di wilayah Bandung.


(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!