Ini Temuan SBY Saat Kunjungi Perajin Tahu Sumedang

Jakarta -Beberapa hari lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi perajin tahu di Sumedang, Jawa Barat. Dalam kunjungannya tersebut, SBY mengaku menemui masalah yang dihadapi para perajin tahu. Apa masalahnya?

Adapun masalah yang dihadapi industri tahu di Sumedang adalah soal pasokan dan kestabilan harga kedelai.


"Saya juga melihat industri rakyat atau UMKM, antara lain mengunjungi industri tahu Sumedang. Karena saya ingin melihat prospek UMKM seperti

itu, ada persoalan kedelai baik suplai maupun stabilitas harganya, dan saya bisa langsung mengetahui dan secara umum apa yang negara dan

pemerintah bisa lakukan untuk mengembangkan UMKM," kata SBY saat membuka sidak kabinet terbatas di kantornya, Jakarta, Jumat (7/2/2014).


SBY meminta jajarannya memperhatikan masalah yang dihadapi oleh industri tahu ini. Karena mereka sebagai pelaku UMKM menjadi tulang punggu perekonomian.


"Dulu waktu kita mengalami krisis, meskipun repot, tetapi satu pengaman atau UMKM tidak rontok, itu bisa meminimalkan dampaknya, meskipun sekali lagi cukup dalam," jelas SBY.


"Sekarang Alhamdulilah, investasi tumbuh, pertumbuhan ekonomi juga terus berlangsung. Maka bukan hanya usaha besar, tetapi UKM juga kita pastikan tumbuh dengan baik," tambah SBY.


Pada kesempatan itu, SBY juga meminta para bupati dan gubernur di tiap-tiap daerah untuk mendorong sektor UMKM agar bisa maju.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!