Etihad Gaet Garuda, Penumpang dari Arab Bisa Nyambung ke Solo dan Padang

Jakarta -Maskapai raksasa Uni Emirat Arab, Etihad Airways menggaet PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) untuk memperluas codeshare.

Codeshare merupakan sebuah perjanjian bisnis penerbangan di mana dua maskapai berbagi penerbangan yang sama. Sebuah kursi dapat dibeli di satu maskapai penerbangan namun sebenarnya dioperasikan oleh maskapai rekanan di bawah nomor dan kode penerbangan yang berbeda.


Etihad kini memakai kode EY di flight Garuda Indonesia dari Jakarta ke Padang di Sumatera dan Solo di Jawa Tengah. Demikian dikutip dari siaran pers Etihad Airways, Jumat (7/2/2014).


Layanan codeshare ini terhubung dengan dua maskapai dan mencapai 20 penerbangan setiap pekannya antara Jakarta dan Abu Dhabi dan memungkinkan para penumpang Etihad untuk meneruskan penerbangannya ke Solo dan Padang.


Presiden Etihad Airways dan Chief Executive Officer, James Hogan mengatakan perluasan codeshare dengan Garuda Indonesia menunjukkan efektivitas dari strategi kemitraan maskapai.


"Sejak penandatanganan perjanjian tersebut pada bulan Oktober 2012, kemitraan codeshare kami dengan Garuda Indonesia telah memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua maskapai, baik dari segi pendapatan dan jaringan," kata Hogan.


Codeshare Etihad Airways di Garuda Indonesia ada 12 destinasi. 7 destinasi domestik yakni Denpasar, Surabaya, Manado, Makassar, Balikpapan, Padang dan Solo. Ditambah 5 rute internasional ke Abu Dhabi, Amsterdam, Singapura, Hong Kong, dan Perth.


(dru/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!