Gita Wirjawan Ngaku Belum Tahu Siapa Penggantinya

Jakarta -Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengaku belum mengetahui calon mendag baru. Ia menegaskan sampai saat ini belum ada nama pengganti yang disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Belum dan belum ada sampai ke saya," ungkap Gita saat ditemui di Gedung II Kantor Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta, Jumat (7/02/2014).


Gita sempat kaget saat diberi tahu, bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan sudah ada sosok penggati dirinya yang sudah melakukan fit and proper test.


"Saya belum tahu itu dan saya serahkan informasi itu kepada Pak Hatta. Sampai saat ini belum ada," imbuhnya.


Gita percaya Presiden SBY akan memilih sosok yang tepat untuk menggantikan dirinya sebagai mendag.


"Kalau saya diminta presiden (untuk memberikan rekomendasi) silakan tetapi selebihnya saya percaya kepada Presiden" jelasnya.


Sementara itu, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menambahkan bahwa secara hukum Gita Wirjawan masih menjabat sebagai Mendag. Saat ini Presiden SBY masih mempertimbangkan pandangan dari Wapres Boediono soal nama-nama yang menjadi pengganti Gita.


"Sampai hari ini, karena di kemendag tugas dan kewajiban oleh mendag masih berjalan, artinya secara yuridis beliau masih mendag, positif tidak kosong, masih menjabat dan ada wakilnya, masih aktif," katanya.


Ia menegaskan soal nama mendag yang baru itu menjadi kewenangan Presiden SBY. Julian memastikan Presiden SBY akan mengumumkan langsung apabila sudah ada nama pengganti Gita.


"Yang dilakukan Pak gita diapresiasi oleh presiden, karena apa yang ditulis dalam surat pengunduran diri beliau itu sangat rasional, dan objektif, untuk menghindari benturan kepentingan, dan fokus juga aktif dalam peserta Capres PD," katanya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!