Menerawang Prospek Bisnis Merpati 'Si Ekor Kuning'

Jakarta -Bila pemerintah terus mempertahankan maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), bagaimana prospek bisnis maskapai ini? Apakah masih menguntungkan?

Praktisi Penerbangan dan Dosen Aviation Universitas Gadjah Mada Arista Atmadjati mengatakan, Merpati masih memiliki prospek. Kondisi sebagian besar bandara di Indonesia yang lintasannya pendek atau panjangnya tak sampai 1.100 meter, menjadi peluang besar untuk Merpati terus berekspansi.


"Ada 233 bandara udara baik itu runway-nya (lintasan) pendek dan panjang. Tetapi mayoritas banyak yang pendek atau di bawah 1.100 meter, dan ini yang sebenarnya bisa dikatakan prospek Merpati, terutama di Indonesia bagian Timur," ungkap Arista dalam diskusi 'Polemik' di Warung Daun Cikini Jakarta, Sabtu (8/2/2014).


Bahkan Arista mengatakan, Merpati bisa menjadi pemimpin maskapai yang menerbangkan pesawat ke rute-rute perintis di Indonesia. Apalagi Merpati sudah dikenal baik oleh masyarakat di Indonesia Timur dengan ekor kuningnya.


"Masih banyak yang membutuhkan Merpati terutama di Indonesia Timur penerbangan mulai dari Kalimantan dan sulawesi menuju ke Papua dan sekitarnya. Sebagai catatan juga masih sedikit maskapai yang melayani rute-rute perintis jadi persaingan tidak sengit," imbuhnya.


Sedangkan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bhakti setuju atas pernyataan Arista. Dari semua bisnis yang dijalankan Merpati, hanya penerbangan perintis dengan rute yang dijalankan oleh pesawat MA-60 milik Merpati masih menjadi bisnis menguntungkan Merpati.


"Bisnis yang masih menguntungkan Merpati adalah MA-60 Merpati memang dititah sebgai maskapai yang melayani feeder dulu. Saya kira bisa berkreasi Merpati di sana dan bisa kompetitif. Kalau dia masuk ke rute Garuda, AirAsia, Lion Air tentu mati dia. Kalau feeder tentu masih untung meskipun ada polemik saat ini di Merpati" jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!