Ambil dari Laut RI, Thailand Jadi Raja Eksportir Tuna di Dunia

Jakarta -Produksi ikan tuna tangkap Indonesia jauh lebih besar bila dibandingkan Thailand. Namun dari segi kualitas, ikan tuna Thailand lebih diakui dan terbaik di dunia, sehingga jadi eksportir utama ikan tuna di dunia.

"Mutu dan standardisasi ikan tuna Thailand adalah yang terbaik di dunia. Ikan tuna yang punya standar hanya Thailand," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perikanan dan Kelautan Yugi Prayanto, Kamis (10/4/2014).


Yugi mengungkapkan, produksi ikan tuna Thailand di lautnya tidak begitu banyak, sehingga para nelayan Thailand banyak mengambil ikan tuna di perairan Indonesia.


Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia merupakan negara dengan potensi tuna tertinggi di dunia. Tercatat, total produksi tuna mencapai 613.575 ton per tahun dan nilai sebesar Rp 6,3 triliun per tahun.


"Ikan tuna negara Thailand ya dari Indonesia-Indonesia juga. Produksi ikan tuna mereka tidak terlalu besar. Sedangkan kita yang paling besar di dunia," imbuhnya.


Tingginya kualitas ikan tuna Thailand membuat negara Amerika Serikat tidak ragu untuk menkonsumsinya. Efeknya adalah harga jual ikan tuna Thailand di tingkat dunia jauh lebih tinggi dibandingkan harga jual ikan tuna Indonesia.


"Yang menentukan harga ikan tuna dunia adalah Jepang. Tetapi bila dilihat dari range, harga jual ikan tuna kita masih jomplang dibandingkan Thailand. Orang Amerika tidak akan ragu menkonsumsi ikan tuna Thailand. Kalau kita mereka masih ragu atas dugaan terkandungnya zat-zat tertentu," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!