IHSG Anjlok, Wamenkeu: Future Masih Belum Pasti

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terjun bebas sehari setelah agenda Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif. Hasil pemilu ternyata tidak sesuai prediksi pasar sehingga investor asing melarikan dananya keluar lantai bursa.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan apa yang terjadi dengan kondisi pasar saham pasca pemilu legislatif adalah bagian dari spekulasi. Pelaku pasar melihat kondisi kedepannya itu sesuai dengan espektasi.


"Wajar dong namanya kan semua kalau pasar saham itu kan spekulasi. Melihat pada future. Dia (pasar) memperkirakan future barangkali bagi dia futurenya mungkin belum jelek, tapi kurang pasti," ungkap Bambang di kantornya, Jakarta, Kamis (10/4/2014).


Sehingga para pelaku pasar tersebut lebih banyak menahan aliran modalnya. Bahkan tidak sedikit juga yang menarik keluar. Akan tetapi, Bambang optimis bila kepastian itu sudah muncul indeks saham akan kembali hijau.


"Jadi dia (pasar) merasa tahan dulu. kalau kondisi pasti, dia masuk lagi," sebutnya.


Menurutnya, pasar akan selalu merespon setiap apa kondisi internal dalam negeri yang terjadi. Untuk saat ini, seperti itulah cara pasar saham merespon hasil dari pemilu.


"Pokoknya itu persepsi pasar terhadap hasil pemilu," ujar Bambang.Next


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!