Koalisi Partai Bakal Tentukan Situasi Pasar Modal

Jakarta -Situasi di pasar modal dalam negeri hari ini diwarnai sentimen investor asing yang berkaburan dari lantai bursa. Investor masih akan memantau situasi politik Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Pengamat Pasar Modal dari Recapital Asset Management Pardomuan Sihombing mengatakan, investor akan menunggu koalisi yang terbentuk untuk menentukan investasi ke depan.


"Investor menunggu koalisi yang solid, peta dari koalisi legislatif untuk mendukung pemerintahan yang akan datang," katanya kepada detikFinance, Kamis (10/4/2014).


Maka dari itu, wajar jika terjadi aksi jual besar-besar di lantai bursa hari ini. Investor asing saja sampai melarikan dananya sebesar Rp 1 triliun keluar dari lantai bursa sampai siang ini.


Pada penutupan perdagangan sesi I, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terjun 156,743 poin (3,18%) ke level 4.764,661. Sementara Indeks LQ45 menukik 33,002 poin (3,95%) ke level 802,901.


IHSG anjlok sangat dalam terkena maraknya aksi jual yang dilakukan seluruh investor. Transaksi hari ini sangat ramai mencapai Rp 6 triliun hanya dalam setengah hari.


"Market drop memang karena ekspektasi pasar terhadap hasil pemilu tidak tercapai," jelasnya.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!