Tak Kunjung Terbang Lagi, Rute Merpati Hangus

Jakarta -Maskapai penerbangan PT Merpati Indonesia Airlines (Merpati) masih berada dalam keterpurukan. Rute-rute yang dulu diterbangi Merpati kini sudah hangus dan tak bisa diterbangi lagi.

Kementerian Perhubungan memberikan waktu 60 hari terhitung sejak Merpati berhenti terbang, agar Merpati bisa kembali mengaktifkan rute-rutenya. Diketahui, Merpati berhenti mengoperasikan armadanya pada 1 Februari 2014.


"Sudah lebih dari 60 hari sudah hangus. Awal April ini habis, 30 hari ditambah 30 hari habis," kata Plt Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan kepada detikFinance, Kamis (10/4/2014).


Bambang mengatakan, jika Merpati ingin kembali terbang, perseroan tersebut harus mengajukan kembali pembukaan rute termasuk mengaktifkan kembali Air Operation Certificate (AOC) yang sudah dibekukan sejak Merpati berhenti beroperasi.


"Kalau sekarang dia itu untuk terbang lagi harus menhidupkan dulu AOC nya yang sudah beku. Kedua dia harus meminta lagi izin rute. Dia menghidupkan dulu AOC. Itu sangat penting," jelas Bambang.


Secara terpisah, Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murdjatmodjo mengatakan, rute-rute Merpati yang hangus sudah diambil beberapa maskapai penerbangan yang lain, sebagian di antaranya masih ditawarkan.


"Ada yang ngambil langsung, ada yang masih kita tawarkan," kata dia.


(zul/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!