Mandiri Sekuritas: Indeks Lanjutkan Reli, Naik Terbatas

Jakarta -Pasar saham Amerika Serikat (AS) berbalik arah menguat, setelah pertemuan The Fed diyakini berimbas positif. Akhir pekan lalu, indeks saham Dow Jones Industrial Avg naik +1,11% dan S&P 500 terapresiasi +0,47%.

Dari pasar Asia, indeks di beberapa negara terkemuka juga dibuka menguat. Kenaikan pasar saham Asia ditunjukkan oleh Nikkei 225 di Jepang yang naik +1,43%. Sedangkan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan dibuka terapresiasi +0,41%.


Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas ditutup bervariasi. Harga minyak mentah WTI terkoreksi -0,22% ke US$103,37 per barel. Sementara harga emas Comex naik +0,47% ke posisi US$1312 per troy ounce.


Dari dalam negeri, secara umum pemilihan umum legislatif (Pileg) 2014 berjalan lancar. Berasarkan hasil hitung cepat (quick count), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) keluar sebagai pemenang Pileg 2014, meskipun secara persentase perolehan suaranya masih di bawah ekspektasi.


Di sisi lain, hasil ini diyakini dapat membawa sentimen positif bagi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG). Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG diperdagangkan diatas EMA 200 hari. Jangka pendek indeks masih up trend. Indeks bergerak mixed dengan kecenderungan menguat.


Volume intraday relatif besar dan buyer masih kontrol. Rally lanjutan akan coba menguji resistance fibo 161,8% di level 5.000/5.050. Hari ini indeks berpotensi melanjutkan rally-nya dengan kenaikan terbatas.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!