Naik 72%, CIMB Niaga Kucurkan Kredit Rp 1,6 Triliun di 2013

Jakarta -PT Bank CIMB Niaga Tbk telah menyalurkan kredit personal loan sebesar Rp 1,63 triliun per 31 Desember 2013. Jumlah ini meningkat 72% dibandingkan periode yang sama tahun 2012 sebesar Rp 944 miliar.

Personal Loan Business Group Head CIMB Niaga Ristiawan Suherman mengatakan, penerapan strategi cross selling menjadi kunci pertumbuhan bisnis personal loan CIMB Niaga. Hal ini dilakukan dengan membidik pasar potensial yaitu nasabah existing CIMB Niaga.


"Track record nasabah ini membantu proses penarikan kredit menjadi lebih mudah dikucurkan dan dapat meminimalisasi potensi kredit macet dalam penyaluran personal loan," jelas Ristiawan dalam siaran persnya, Minggu (13/4/2014).


Menurut Ristiawan, kualitas kredit personal loan CIMB Niaga relatif dapat dikelola dengan baik. Terlihat dari angka non performing loan (NPL) per 31 Desember 2013 yang tercatat sebesar 1,5%, lebih baik dibanding NPL pada periode yang sama tahun 2012 sebesar 2,0%.


Personal loan CIMB Niaga, lanjut Ristiawan, memberikan pinjaman maksimal sampai Rp 200 juta dengan jangka waktu 60 bulan. Proses persetujuannya pun relatif cepat.


"Bahkan, melalui berbagai terobosan dalam sistem proses persetujuan dan pemberian kredit, proses pencairan kredit dapat berlangsung selama satu hari untuk nasabah existing," kata Ristiawan.


Di tengah maraknya tawaran kredit personal loan dari sejumlah bank di Tanah Air, Ristiawan mengatakan, pihaknya akan menjaga nilai kompetitif produk personal loan-nya. Antara lain, dengan memberikan kualitas layanan yang baik dan cepat, bunga yang kompetitif, kemudahan pembayaran melalui branchless banking CIMB Niaga, hingga kesiapan seluruh kantor cabang CIMB Niaga yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.


"Dengan strategi dan implementasi yang kuat, kami berharap bisnis personal loan dapat tumbuh dengan baik tahun ini, dan memiliki kualitas aset yang baik pula," tutupnya.


(zul/mkl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!