Wow, Harga Tuna Termahal di Dunia Capai Rp 18 Miliar/Ekor

Jakarta -Ikan tuna menjadi salah satu makanan favorit di seluruh penjuru dunia. Makanan yang bisa berdampak baik terhadap pertumbuhan otak manusia ini memiliki harga yang cukup mencengangkan.

Ada satu yang menjadi ikan tuna termahal di seluruh dunia dan juga telah memecahkan rekor. Tuna tersebut adalah jenis bluefin tuna yang dilepas dengan harga mencapai US$ 1,8 juta atau setara Rp 18 miliar.


Tuna seberat 222 kilogram itu dilelang pada pelelangan tahun baru di pasar Tsukiji, di Tokyo Jepang pada 5 Januari 2013 lalu. Dalam pelelangan tuna tersebut laku dengan harga US$ 1,8 juta, itu berati 8 kali lipat lebih mahal dari tuna berwarna perak.


"Harganya sedikit tinggi," kata pemenang lelang Kiyoshi Kimura kepada media lokal Kyodo News Agency, dikutip dari Time, Kamis (10/4/2014).


Kiyoshi adalah seorang pemilik restoran sushi di Jepang. Diketahui, tuna merupakan salah satu bahan baku pembuatan makanan khas Jepang tersebut.


"Saya berharap kita bisa mendorong pemerintah Jepang untuk menyediakan tuna berkualitas baik," tambah dia yang mengoperasikan jaringan restoran bermana Sushi Zanmai itu.


Ia juga mengklaim bahwa restorannya itu akan menjadi restoran sushi pertama di Jepang yang akan buka 24 jam selama 365 hari dalam setahun.


Dengan tuna yang dia beli seharga Rp 18 miliar itu, dia akan menjual satu potong sushinya seharga US$ 24 atau setara Rp 240.000. Berdasarkan catatan dari media setempat, orang Jepang mengkonsumsi sampai 80% ikan tuna di dunia.


(hen/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!