Bos Daihatsu: Ayla dan Agya Harus Diisi Pertamax atau Pertamax Plus

Jakarta -Masih banyak mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang menggunakan BBM bersubsidi atau premium. Namun pihak Astra mengatakan, mobil murah pabrikannya harus diisi bensin setara pertamax atau pertamax plus.

Astra Daihatsu Motor menyatakan, pihaknya telah memproduksi mobil LCGC dengan spesifikasi tidak bisa menggunakan premium atau BBM bersubsidi. Astra memang memproduksi 2 LCGC, yaitu Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.


Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR mengatakan, Ayla dan Agya sudah menggunakan spesifikasi mesin yang tidak bisa menggunakan BBM bersubsidi atau premium.


"Daya tahan mesinnya itu akan berkurang kalau pakai (bensin) premium. Itu desainnya sudah seperti itu," kata Sudirman usai menemui Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (11/4/2014).


Sudirman mengatakan, Agya dan Alya memiliki lubang pengisian bahan bakar yang lebih kecil dibanding mobil biasa. Sehingga itu menurutnya sejalan dengan rencana pemerintah untuk memodifikasi nozzle pengisian BBM di SPBU.


"Kalau produk Ayla dan Agya itu sudah kecil. Jadi itu harus diisi pertamax atau pertamax plus. Kami dari produsen sudah melengkapi itu. Buku manualnya juga, lalu ditempel stiker di tutup bensinnya juga," jelas Sudirman.


Lalu, kenapa hingga saat ini masih ada mobil murah Agya dan Ayla yang mengisi premium?


"Sebetulnya itu nggak masuk. Mereka itu nggak bisa ngisi itu. Apakah ada alat tambahan atau apa itu kan kita nggak tahu, nggak bisa mengawasi setiap saat," jelas Sudirman.


Secara pribadi, Sudirman berpendapat, harusnya BBM subsidi dihilangkan oleh pemerintah. Sehingga tak ada lagi polemik BBM subsidi yang dinikmati pihak-pihak tak berhak.


"Solusinya menurut saya pribadi hilangkan saja BBM subsidinya. Saya pikir orang yang beli kendaraan bermotor ini yang mampu yang beli BBM non subsidi," tutupnya.


(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!