Pemerintah Yakin 2019 Semua Rumah Dapat Listrik

Jakarta -Pemerintah menargetkan rasio elektrifikasi atau rumah yang telah teraliri jaringan listrik bisa mencapai 100% pada 2019. Artinya rumah-rumah di seluruh Indonesia telah terpasang jaringan listrik dalam kurun 5 tahun ke depan.

"2019 elektrifikasi 100%," kata Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana saat diskusi dengan awak media di Kantor Bappenas, Jalan Suropati, Jakarta Pusat, Jumat (11/4/2014).


Hingga saat ini, rasio elektrifikasi baru mencapai angka 82%. Sehingga tidak semua masyarakat bisa menikmati fasilitas listrik. Untuk menggenjot elektrifikasi perlu dibangun infrastruktur kelistrikan yang lebih gencar.


"Elektrifikasi Indonesia baru 82%," jelasnya.


Untuk menggenjot pembangunan infrastruktur kelistrikan, khususnya akses listrik hingga desa terpencil, maka harus dibangun secara massal pembangkit listrik mikrohidro atau pembangkit listrik tenaga air skala kecil. Program ini seharusnya diberi penugasan khusus kepada PT PLN (Persero). Selama ini, program pembangkit listrik mikrohidro menjadi tanggung jawab pemerintah.


"Dia bisa dikembangkan mikrohidro. Itu dari kali sungai. PLTA tapi mikro, dia buat di satu desa kemudia di-share. Kemudian warga urunan. Itu memecahkan masalah. Listrik desa selama ini tanggung jawab pemerintah. Ke depan bagaimana terobosan ke PT PLN, di mana dia elektrifikasi desa," jelasnya.


(feb/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!