Blusukan ke Bursa Efek, Apakah Jokowi Berminat Investasi Saham?

Jakarta -Sore ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk menutup perdagangan saham. Apakah Jokowi berminat investasi saham?

"Saya itu kalau punya uang, ya investasi di mesin, pabrik seperti yang saya bilang tadi," kata Jokowi usai mengunjungi Gedung BEI, SCBD, Jakarta, Jumat (11/4/2014).


Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan, dirinya merupakan pelaku usaha di sektor riil. Sebelum menjadi Waliota Solo, Jokowi mengaku rajin berinvestasi dengan membeli mesin untuk pabrik usahanya.


Kunjungan Jokowi ke bursa saham ini kabarnya dadakan sehingga pihak BEI tidak melakukan persiapan dan sebelumnya tidak tahu maksud dari kunjungannya itu.


Jokowi datang ke bursa sekitar pukul 15.35 WIB naik mobil Lexus hitam yang dikawal foreijder. Jajaran direksi, karyawan, sampai petugas keamanan BEI pun sudah siap menyambut di depan gedung BEI sambil kompak memakai kemeja berwarna merah.


Calon Presiden dari PDIP ini menutup perdagangan saham. Aksi beli invetsor lokal yang cukup marak membawa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup positif.


Jokowi merasa senang bisa menutup perdagangan saat bursa bergerak positif. Ia mengaku sudah lama ingin masuk ke lantai perdagangan (trading floor) BEI namun baru bisa terlaksana hari ini.


"Kemarin (IHSG) turun 3%, sekarang saya datang ke sini naik sedikit 1,07%. Kalau begitu saya harus sering-sering datang ke sini," katanya.


Mengakhiri perdagangan akhir pekan, Jumat (11/4/2014), IHSG ditutup menanjak 50,847 poin (1,07%) ke level 4.816,576. Sementara Indeks LQ45 ditutup melonjak 10,736 poin (1,35%) ke level 813,969.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!