Wapres: Konsumen Menentukan Perekonomian

Jakarta -Wakil Presiden Boediono hari ini mencanangkan Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, dan Cinta Produk Indonesia. Pencanangan ini sejalan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April.

Boediono dalam sambutannya mengungkapkan, konsumsi merupakan salah satu faktor penting perekonomian. Itu sebabnya perlu ditanamkan edukasi untuk para konsumen mengenai cerdas memilih produk, mandiri, dan cinta produk dalam negeri.


"Dua per tiga penghasilan nasional kita adalah pegeluaran dari konsumen. Jadi sangat besar, Andalah yang menentukan," kata Boediono saat acara Hari Konsumen Nasional Pencanganan Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, dan Cinta Produk Dalam Negeri di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu 23/4/2014).


Boediono mengatakan, 250 juta penduduk Indonesia adalah konsumen. "Jumlahnya luar biasa, tapi yang lebih penting bukan berapa jumlahnya. Tapi kemampuannya dalam menentukan arah," katanya.


Oleh karena itu, edukasi terhadap konsumen merupakan hal yang penting. Edukasi perlu dilakukan sedini mungkin, terutama untuk memupuk rasa cinta terhadap produk dalam negeri.


"Konsumen Indonesia mampu mengarahkan kemampuan ekonomi kita, itu perlu ditanamkan pada sekolah dasar," sebut Boediono.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!