Anak Usaha Telkom Layani Pengiriman Uang TKI dari Hong Kong

Hong Kong -PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melalui anak usahanya di Hong Kong, Telekomunikasi Indonesia Internasional Hong Kong (Telin Hong Kong), memfasilitasi pengiriman uang dari para tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui sistem mobile delima remmitance yang akan diluncurkan 1 Juli 2014.

Direktur Utama Telin Hong Kong, Dian Rahmawan mengatakan TKI yang menggunakan fasilitas ini akan mendapat keuntungan pulsa telepon salah satu produk Telkomsel setiap kali TKI bertransaksi mengirimkan uang. Hal ini menjadi salah satu strategi menggaet konsumen di Hong Kong.


"Saya manfaatkan fasilitas, saya paksa mereka menjadi pelanggan kartu AS," kata Dian saat ditemui di Grapari Hong Kong Causeway Bay Hong Kong, Minggu, (1/6/2014).


Ia mengatakan, ada beberapa penyedia jasa layanan pengiriman uang atau remitansi TKI dari Hong Kong ke Indonesia. Saat ini, Telin sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri, dan Warung Chandra bersama V-net melalui Delima remitansi.


"Di Hong Kong banyak, yang terbesar dari Chandra, Western Union, ketiga itu para bank, mereka sangat sensitif soal kurs. Selama ini ini bertahun-tahun Warung Chandra paling bagus," katanya.


Jumlah TKI di Hong Kong mencapai 170.000 per orang, dengan pengan penghasilan TKI di Hong Kong rata-rata mencapai Rp 6 juta per bulan, maka potensi pengiriman uang TKI ke Indonesia bisa mencapai ratusan miliar rupiah per bulan.


"Gajinya kira-kira HKD 4.300, taruhlah HKD 4.000 dikirim ke Indonesia atau sekitar Rp 6 juta (kurs Rp 1.500), potensinya besar per bulan," jelas Dian.


Melalui mobile Delima Remitansi, TKI akan mendapatkan kartu khusus yang bisa digunakan untuk bayar tagihan, beli pulsa, beli tiket, kirim uang dan juga menarik uang. Kartu tersebut terintegrasi dengan produk Telkomsel.


Mobile Delima remitansi ini baru diluncurkan. Proses pengiriman uang dengan menggunakan fasilitas ini sangat cepat. Kartu hanya ditempelkan ke electronic data capture yang tersedia di 50 agen Chandra Remitansi, masukan nominal dan uang sudah terkirim. Semua proses hanya 30 detik. Nama sistem ini disebut Delima Chandra Remmitance.


"Itu sebanyak saya ke Delima, untuk mempermudah proses pengiriman uang, sebelumnya manual. Pakai nota dan dikirim fax dari agen saya," kata pemilik Chandra Remitansi, Wahyudi Chandra.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!