Janji Bangun Smelter, Freeport-Newmont Beri Jaminan Rp 1,4 T ke Pemerintah

Jakarta -Dua perusahaan tambang besar di Indonesia, yakni PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara berjanji membangun smelter di Indonesia. Tak hanya janji, kedua perusahaan ini juga memberikan uang jaminan US$ 140 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

"Kami sudah mendapatkan komitmen dari Freeport untuk membangun smelter sendiri bersama juga ikut di dalamnya Newmont," ujar Menko Perekonomian Chairul Tanjung usai rapat dengan kedua perusahaan tersebut di kantornya, Jakarta, Rabu (28/5/2014).


CT, panggilan akrab Chairul mengungkapkan, kedua perusahaan ini akan membangun 1 smelter, dan porsi atau kapasitas paling besar dimiliki Freeport, sedangkan sisanya dimanfaatkan oleh Newmont. Untuk menjamin keseriusan membangun smelter, keduanya memberikan uang jaminan.


"Untuk Freeport memberikan uang jaminan sebanyak US$ 115 juta dan Newmot sebanyak US$ 25 juta, Freeport lebih banyak karena kapasitasnya smelternya lebih besar," ungkapnya.


Smelter yang akan dibangun kedua perusahaan tersebut selesai pada 2017.


"Uang jaminan tersebut dititipkan di bank, jika tidak selesai atau smelter tidak terbangun sesuai yang diperjanjikan antara Freeport, Newmont, dan pemerintah, uang tersebut akan menjadi milik pemerintah sebagai bagian dari penerimaan negara," katanya.


Dia juga menambahkan secara paralel, dengan adanya jaminan keseriusan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan mengeluarkan dua Peraturan Menteri Keuangan (PMK).Next


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!