Harga Ayam di Banda Aceh Naik Jadi Rp 21.000/Kg Jelang Puasa

Banda Aceh -Meski bulan Ramadan masih sebulan lagi, harga ayam potong di Banda Aceh mulai merangkak naik. Kenaikan ini disebabkan permintaan ayam meningkat sementara stok yang tersedia menipis.

Pantauan detikFinance di pasar Peunayong Banda Aceh, permintaan ayam potong masih seperti hari biasanya meski harga mulai merangkak naik hari ini. Warga dan pemilik rumah makan masih tetap membeli ayam potong. Pun demikian sejumlah warga mengeluh akibat kenaikan ini.


Kenaikan harga ayam potong di Banda Aceh berkisar antara Rp 2.000-6.000 per kilogram. Sekarang harga ayam potong dijual Rp 21.000/kg dari harga sebelumnya yaitu Rp 15.000/kg. Sementara harga ayam kampung masih stabil. Para pedagang membuka harga mulai Rp 80.000-90.000 per ekor.


"Cuma harga ayam potong yang naik sekarang," kata seorang Agus, penjual ayam di pasar Peunayong Banda Aceh, saat ditemui detikFinance, Kamis (29/5/2014).


Menurut Agus, kenaikan harga ayam potong selain disebabkan karena menjelang Ramadan juga akibat persediakan ayam di peternakan mulai menipis. Hal itu disebabkan tingginya permintaan warga dan pemilik rumah makan terhadap ayam potong.


Akibat tingginya permintaan, para pedagang terpaksa memasok ayam dari luar Banda Aceh. "Sepekan jelang Ramadan, permintaan ayam akan terus meningkat. Tapi stok ayam di Banda Aceh akan tetap mencukupi," jelasnya.


Masyarakat berharap harga ayam di Aceh tidak terus merangkak naik apalagi kebutuhan daging menyambut bulan suci Ramadan begitu tinggi. Hal itu disebabkan karena masyarakat Aceh mempunyai tradisi meugang dalam menyambut puasa yaitu memasak daging untuk dimakan bersama keluarga atau kerabat.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!