Sukses di Bisnis Penerbangan Perintis, Susi Air Dapat Tawaran Hingga ke Afrika

Jakarta -Maskapai komersial dan charter nasional, Susi Air telah melayani penerbangan hingga pelosok negeri. Susi Air dengan 50 armadanya telah melayani penerbangan antar daerah-daerah dan daerah-kota.

Pengalaman ini membuat negara-negara di Asia hingga Afrika tertarik menggandeng Susi Air terbang dan menjadi operator penerbangan di luar negeri.


"Kita dapat tawaran dari Afrika, negara tetangga. Sri Lanka untuk lakukan penerbangan pakai Caravan. Thailand juga menawari kita," kata Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti saat diskusi di Hotel Hyatt, Jakarta, Jumat Malam (30/5/2014).


Susi menerangkan, tawaran tersebut belum bisa ditindaklanjuti. Pasalnya bisnis penerbangan di Indonesia masih belum tergarap dan masih terbuka luas. Alhasil Susi Air masih memprioritaskan penerbangan di tanah air.


"Di Indonesia saja belum semua," jelasnya.


Meski belum serius menanggapi tawaran beberapa negara, Susi Air saat ini sedang bernegosiasi membuka jalur penerbangan di Pulau Dobo Sumatera dengan Singapura. Karena, selama ini pengusaha Singapura yang memiliki perkebunan di Jambi dan sekitarnya harus terbang ke Jakarta terlebih dahulu. Padahal jarak wilayah Sumatera lebih dekat. Begitu juga sebaliknya. Untuk penerbangan tersebut, Susi Air akan memakai pesawat kecil sekelas Cessna Caravan.


"Saya punya tekad sambungkan Dobo ke Singapura. Kita minta supaya ada keringanan biaya di Singapura. Kalau ini bisa nanti Sumatera bisa gerbang internasional. Ini juga bantu bisnis perkebunan pengusaha Singapura. Saat ini dari Singapura ke Jakarta baru ke Jambi. Ini nggak usah ke Jakarta dan bisa cutting cost luar biasa," sebutnya.Next


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!