Jero Wacik Ingin SPBU Tak Jual BBM Subsidi di Hari Libur, KLH Mendukung

Jakarta -Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mendukung wacana yang dilontarkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik untuk meniadakan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi di SPBU saat hari libur.

Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan KLH Karliansyah mengatakan, pencemaran udara oleh asap kendaraan telah menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).


Dalam studi yang dilakukan KLH, sepanjang tahun 2013, tercatat sedikitnya Rp 19 triliun habis dibelanjakan masyarakat Jakarta untuk pengobatan penyakit yang termasuk ISPA.


"Ada studi kita, kajian kita tahun 2013 yang terbesar dari pengaruh lalu lintas itu emisinya mengakibatkan penyakit. Temuan kita yang menderita ISPA di Jakarta saja itu sampai Rp 19 triliun. Itu baru di Jakarta, belum di tempat lain," kata Karliansyah di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Sabtu (31/5/2014).


Dampak lain yang dirasakan, lanjut Karliansyah, adalah gangguan lingkungan berupa efek rumah kaca yang ditandai dengan perubahan iklim, cuaca ekstrem dan naiknya permukaan laut.


"Penyebabnya gas rumah kaca, salah satu sumbernya dari transportasi. Jadi harus dikampanyekan masalah lingkungan jangan yang naik itu permukaan laut. Jadi harus peduli lingkungan. Jaga ekosistem pesisir dari kerusakan lingkungan. Kalau tidak, maka 64% penduduk Indonesia yang ada di pesisir akan berpengaruh," tutur dia.


Permasalahan di atas, lanjut dia, dapat diselesaikan dengan mengurangi konsumsi bahan bakar sehingga emisi gas buang kendaraan juga dapat ditekan. Untuk itu, rencana kementerian ESDM meliburkan penjualan BBM subisidi di hari libur perlu didukung.


"Makanya kita setuju gagasan dari kementerian ESDM untuk berpuasa BBM di hari libur. Buat kita itu sesuatu yang patut didukung karena berkurang emisi yang dihasilkan," simpulnya.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!