Pasokan Gandum Impor Stabil, Produsen Terigu Jamin Tak Naikkan Harga

Jakarta -Produsen tepung terigu di dalam negeri menjamin tak akan menaikkan harga jelang Puasa dan Lebaran tahun ini. Walaupun kebutuhan tepung terigu akan meningkat signifikan saat Puasa dan Lebaran.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) Franciscus Welirang mengatakan, harga tepung terigu tidak akan naik pada tahun ini.


"Dari sisi produsen tidak akan ada kenaikkan harga tepung terigu tahun ini," ucap Franciscus yang akrab disapa Franky ini kepada detikFinance, Minggu (1/6/2014).


Ia beralasan tidak naiknya harga tepung terigu di tingkat produsen karena masih stabilnya pasokan impor gandum dari negara produsen seperti Amerika Serikat (AS).


"Stok gandum kita selama 10 tahun terakhir ini terus stabil, walaupun ada kenaikan harga di tingkat pengecer, itu lebih karena infrastruktur, misalnya jalan dan jarak tempuh," ucapnya.


Franky menambahkan, di dalam negeri ada 29 pabrik terigu yang siap menambah kapasitas produksinya jika kebutuhan terigu meningkat jelang Puasa dan Lebaran.


"Seperti pada kuartal I tahun ini, konsumsi terigu sudah naik 5-6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu," tutupnya.


Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok, Kementerian Perdagangan, selama Mei 2014 harga tepung terigu relatif stabil. Pada akhir pekan lalu, harga tepung terigu rata-rata nasional Rp 8.656/ Kg. Sedangkan harga tepung terigu di Jakarta rata-rata Rp 8.100/Kg.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!