Peserta Pilpres Punya Jet Pribadi, Bisnis Sewa Pesawat Lesu

Jakarta -Tahun politik 2014 membuat sejumlah peserta pemilu legislatif hingga calon presiden harus berpergian ke seluruh penjuru negeri untuk berkampanye. Untuk mendukung mobilitas, biasanya digunakan pesawat terbang dan helikopter sewa atau charter.

Bagaimana perkembangan bisnis pesawat charter saat Pilpers kali ini?


Pemilik maskapai charter dan sewa Susi Air Susi Pudjiastuti menerangkan, pertumbuhan sewa pesawat dan helikopter relatif kecil pada pemilu presiden (pilpres). Karena pesertanya banyak yang memiliki pesawat pribadi, atau pendukungnya menyediakan pesawat pribadi sebagai kendaraan kampanye.


"Kebanyakan peserta Pilpers punya pesawat sendiri. Pengusaha yang ke partai juga punya pesawat sendiri," kata Susi saat diskusi di Hotel Hyatt, Jakarta, Jumat Malam (30/5/2014).


Susi menjelaskan, pada pemilu legislatif April lalu, bisnis sewa pesawat di Susi Air untuk aktivitas kampanye juga tidak banyak.


"Pesawat kita nggak bisa bawa tim besar. Kita punya pesawat Avanti (jet) hanya bisa bawa cuma 5-6 orang. Mungkin pemilu kemarin ada 20 flight yang sewa pakai pesawat Avanti," jelasnya.


Susi menyebutkan, bisnis pesawat charter agak meredup sejak 2 tahun silam. Pasalnya pengusaha kaya Indonesia memiliki pesawat pribadi akibatnya bisnis sewa pesawat terkena dampaknya. Untuk mensiasati kondisi tersebut, Susi Air pun mulai beralih kepada bisnis angkutan medis atau medical evacuation.


"Sejak 2 tahun lalu. Harga jet turun. Pengusaha sekarang punya jet sendiri. Bisnis jet kita turun sejak 2 tahun lalu. Bisnis pesawat charter, kita sekarang banyak ke medivec (medical evacuation). Ke Singapura, Penang, dari kabupaten ke ibukota," sebutnya.


Susi Air saat ini memiliki 50 pesawat dan helikopter berbagai tipe. Sekitar 60% bisnis Susi Air melayani rite-rute komersial dan perintis sedangkan 40% untuk penerbangan charter.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!