Kata Kubu Jokowi dan Prabowo Soal Pembangkit Listrik Nuklir

Jakarta -Calon presiden baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto tidak mau gegabah membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Meski PLTN bisa jadi jalan keluar menghadapi krisis listrik di Indonesia.

Tim sukses pasangan Jokowi-JK, Darmawan Prasojo mengatakan, salah satu pertimbangan sulitnya membangun PLTN di dalam negeri karena investasi yang cukup besar.


"PLTN itu jangka panjang. Sekarang kita punya opsi lain, nuklir masih jangka panjang. Bukan sulit dikembangkan tetapi kita masih punya banyak opsi dari kekuatan domestik seperti nabati, gas alam dan lain-lain. Ini masalah prioritas dan yang kita lakukan karena biayanya besar dan modalnya itu di awal," kata Darmawan di diskusi 'Polemik: Masalah Energi Nasional', di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (31/05/2014).


Salah satu pertimbangan lainnya adalah keamanan. Bagi kubu Jokowi-JK, PLTN dianggap memiliki risiko tinggi.


Sama halnya dengan kubu Jokowi-JK, kubu Prabowo-Hatta juga mengaku belum memiliki target untuk membangun PLTN di dalam negeri. "Sementara ini itu yang dipertimbangkan, tetapi belum dimasukan ke dalam visi misi. Visi misi kita program prioritas, nuklir dipertimbangkan kita ingin memastikan matang dulu, kalau sudah matang kita siap," jawab tim sukses Prabowo-Hatta Rajasa, Dradjad Wibowo pada kesempatan yang sama.


Nuklir memang bagaikan dua sisi mata uang. Di satu sisi nuklir mengandung sisi negatif, sebagai bahan pembuat senjata pemusnah massal. Dunia menjadi saksi bagaimana dua kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki, luluh lantak akibat hantaman senjata nuklir Amerika Serikat pada Perang Dunia II.


Namun di sisi lain, nuklir bisa menjadi penyelamat kehidupan manusia. Nuklir merupakan salah satu sumber energi yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Di tengah ancaman semakin menipisnya sumber energi fosil, nuklir adalah alternatif.Next


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!