Bensin Subsidi di Mesir Sekelas Pertamax, Harganya Rp 4.300/Liter

Kairo -Pemerintah Mesir di bawah kepemimpinan Presiden baru Abdel Fattah al-Sisi memutuskan untuk menaikkan harga BBM subsidi. Di Mesir, BBM subsidinya beroktan (RON) 92 sekelas pertamax.

Lewat kenaikan harga, BBM subsidi di mesir menjadi 2,6 pound Mesir (Rp 4.333) per liter. Naik dari harga sebelumnya 1,85 pound Mesir (sekitar Rp 3.083) per liter.


Selain bensin, harga bahan bakar gas juga naik dari 0,9 pound Mesir menjadi 1,6 pond mesir. Seperti dilansir dari AFP, Sabtu (5/7/2014), harga solar juga naik dari 1,1 pound Mesir menjadi 1,8 pound Mesir per liter.


Kenaikan harga BBM subsidi harus dilakukan presiden baru ini, karena perekonomian negara tersebut terpuruk selama 3 tahun berturut-turut. Sebelumnya, harga BBM di Mesir termasuk yang termurah di dunia. Kenaikan harga ini dilakukan pada Jumat malam tadi.


Selama ini, 30% lebih anggaran pemerintah Mesir dihabiskan untuk subsidi BBM dan makanan. Sebanyak 40% dari total penduduk Mesir yang jumlahnya 34 juta orang, hidup di bawah garis kemiskinan. Pelaksana Tugas Perdana Menteri Mesir Ibrahim Mahlab mengatakan, subsidi BBM di Mesir nilainya mencapai US$ 22 miliar atau sekitar Rp 220 triliun. Ini jauh lebih tinggi dari anggaran pendidikan dan kesehatan yang jumlahnya US$ 9,8 miliar atau sekitar Rp 98 triliun.


Sebagai presiden baru, Sisi memang berencana memulihkan perekonomian. Salah satunya dengan melakukan penghematan anggaran. Perekonomian negara ini memang mendapat bantuan miliaran dolar dari negara-negara Arab setelah penggulingan presiden sebelumnya.


Pemerintah Mesir juga akan menjalankan pajak keuntungan di sektor keuangan, dan secara bertahap akan menaikkan tarif listrik dalam 5 tahun ke depan.


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!