Jero: Sulit Batasi Konsumsi BBM Subsidi, Kalau Dijalankan Chaos

Jakarta -Pemerintah memang sudah memprediksi konsumsi BBM subsidi tahun ini bakal jebol. Jatah atau kuota BBM subsidi sebesar 46 juta kiloliter (KL) tidak akan cukup. Namun tak ada yang bisa dilakukan pemerintah.

Rencana-rencana pembatasan atau pengendalian konsumsi BBM subsidi, seperti contohnya larangan penggunaan BBM subsidi untuk mobil dengan cc tertentu, tidak bisa dilakukan.


"Belum bisa (pembatasan BBM subsidi), masih sulit dilakukan. Sulit pokoknya, kalau dijalankan chaos (kacau)," jelas Jero di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (4/7/2014).


Menurut Jero, tingginya kepemilikan kendaraan pribadi di Indonesia memicu besarnya konsumsi BBM subsidi di dalam negeri. "Tapi jangan menyerahlah, baru bulan Juli," jelas Jero.


Lalu apa yang akan dilakukan pemerintah? Jero mengatakan, pemerintah akan menjalankan program-program yang ada, dan menangkap BBM subsidi yang bocor atau diselundupkan.


"Sama menghemat. Semua harus menghemat. kalau hemat semua, bisa kurang," tutup Jero.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!