Isu Mafia Minyak Merebak, Jero: Kita Butuh Impor BBM

Jakarta -Isu dan kabar adanya mafia minyak yang menangguk keuntungan dari ketergantungan impor BBM dan minyak yang dilakukan dibantah oleh Kementerian ESDM. Indonesia memang membutuhkan impor BBM.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, impor BBM dan minyak bukan sesuatu yang haram, karena produksi dalam negeri yang tidak cukup.


"Gini, kebutuhan kan ada, kalau tidak dipenuhi, mogok semua mobil, kita butuh impor BBM dan minyak karena mobil dan sepeda motor tambah banyak, kalau nggak ada BBM nggak jalan jadi harus adakan impor BBM," tegasnya.


"PLN misalnya kalau tidak ada BBM banyak yang mati pembangkitnya. Agar nggak pakai BBM lagi caranya cepat-cepat pakai batu bara, gas dan energi terbarukan," tutupnya.


Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) Hatta Rajasa yang mengatakan, bila ingin memeriksa mafia minyak bisa diperiksa seluruh pejabat dan menteri yang mengurus energi. Hatta tidak mau difitnah dirinya berkaitan dengan mafia minyak.


"Banyak sekali fitnah-fitnah yang tidak berdasar dan muncul tiba-tiba. Lebih baik diperiksa saja semua pejabat dan menteri yang urus energi," ujar Hatta.


Hatta menambahkan, untuk itu jika mengetahui siapa mafia sebenarnya sangtlah mudah. "Jadi kalau mau melihat mafia, panggil saja semuanya, bentuk tim, pangil satu per satu," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!