Kedaulatan Pangan Harus Jadi Fokus Debat Prabowo-Jokowi

Jakarta -Calon presiden (capres) malam ini kembali menjalani debat kandidat sesi terakhir. Tema yang akan dibahas salah satunya sektor pangan dan energi. Kedua sektor ini sangat penting karena menentukan keberlangsungan hidup suatu bangsa.

Ketua Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sutrisno Iwantono mengatakan, kedaulatan pangan harus menjadi fokus dalam debat nanti malam. Pengertian kedaulatan pangan harus dipahami oleh para capres.


"Kedaulatan pangan adalah tersedianya pangan bagi masyarakat dalam jumlah cukup, waktu yang tepat, harga yang terjangkau, di lokasi yang mudah diakses, dan harus dipenuhi dari dalam negeri," kata Iwantono kepada detikFinance, Sabtu (5/7/2014).


Iwantono mengatakan, kedua capres harus memaparkan apa konsepnya untuk mewujudkan ketahanan pangan. "Kalau ketahanan pangan, tidak boleh berasal dari impor dari negara lain," ucapnya.


Iwantono menyatakan, petani harus bisa hidup layak dari usaha taninya. Jika tidak, maka petani akan pindah ke sektor lain dan produksi pangan dalam negeri tidak akan pernah mencukupi.


Menurutnya, untuk menjamin kesejahteraan petani, ada 2 hal yang harus diwujudkan yaitu penurunan biaya produksi dan harga jual harus layak.


"Kalau biaya produksi turun dan harga produk layak, maka petani akan menikmati margin usaha. Ini akan mewujudkan kesejahteraan petani," tutur Iwantono.Next


(hds/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!