Mentan Suswono Sebut Harga Daging Sapi di Pasar Sudah Rp 70 Ribu/Kg

Jakarta -Pedagang maupun pembeli masih mengeluhkan harga daging sapi yang masih tinggi yaitu di atas Rp 90 ribu/kg. Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengklaim harga daging di pasar modern di bawah Rp 70 ribu/kg.

"Di pasar modern ada yang di bawah Rp 70 ribu/kg. Artinya tidak ada alasan harga daging tinggi," kata Suswono ditemui di Gedung Bank Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta, Jumat (4/7/2014).


Suswono menambahkan, harga bobot hidup sapi di kalangan para peternak berkisar di harga Rp 34-37 ribu/kg. Lewat proses pemotongan hingga distribusi, harga daging menjadi Rp 90 ribu per Kg. Menurutnya itu harga normal di tingkat konsumen.


"Harga di petani saja sekitar Rp 34-37 bobot hidup. Kalau dikonversi ke daging itu Rp 90 ribu sudah tinggi, sudah cukup," katanya.


"Makanya target dari kita antara Rp 85-90 ribu (normal)," imbuhnya


Terkait impor daging sapi, Suswono mengatakan seharusnya harga daging sudah berangsur turun seiring impor dilakukan, untuk daging beku hingga sapi bakalan dan sapi siap potong.


"Semestinya izin dia berapa itu yang direalisasikan. Ini mestinya sudah turun, sebagaimana yang kita harapkan," tutupnya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!