Ceramahi PNS ESDM, Jero Wacik: Jangan Hidup Bermewah-mewah

Jakarta -Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik memiliki 3 pesan kepada bawahannya saat berbuka puasa bersama. Pesan Jero yang pertama adalah hidup dalam kesederhanaan.

"Mari kita praktikkan hidup sederhana. Jangan hidup bermewah-mewah. Jangan baru jadi dirjen sudah tidak mau makan di warung, itu kesombongan," pesan Jero dalam sambutan Buka Puasa Bersama Lingkungan Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (4/7/2014).


Lalu pesan yang kedua, Jero mengatakan, dalam hidup harus menanamkan sikap sabar. Dia juga membanggakan dirinya karena dinilai sabar oleh sang istri.


"Maaf hari ini istri saya tidak bisa hadir, tapi kalau istri saya ditanya rasanya punya suami jero wacik, jawabannya bahagia karena punya suami yang sabar," katanya.


Mengenai sikap sabar pun, menurut Jero, harus ditanamkan di lingkungan kerja. Dia berpesan agar seorang pimpinan tidak selalu memarahi jika bawahannya melakukan kekeliruan atau kesalahan.


"Kasih tahu yang benar, jangan sampai nanti terulang kesalahan yang sama. Apalagi sama pegawai PNS, nggak bisa sedikit salah main pecat alasannya karena bodoh, bisa di PTUN kan, lain kalau di swasta karena bodoh bisa out," jelasnya.


Ketiga adalah sikap toleransi terhadap sesama. Dia mencontohkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang memiliki rasa toleransi yang besar terhadap sesama manusia, meski berbeda-beda agama.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!