Kerja di Gedung Putih AS, Gajinya Rp 900 Juta/Tahun

Washington -Gaji para pegawai di istana kepresidenan AS atau yang disebut Gedung Putih rata-ratanya mencapai US$ 83 ribu/tahun atau sekitar Rp 930 juta/tahun. Besaran gaji ini di atas rata-rata gaji pegawai di AS.

Menurut data yang dikeluarkan Gedung Putih, seperti dilansir dari CNN, Jumat (4/7/2014), gaji tertinggi di gedung putih adalah untuk tim inti Presiden Barack Obama yang jumlahnya 22 orang. Gaji mereka mencapai US$ 172.200/tahun, atau sekitar Rp 1,9 miliar/tahun.


Gaji pegawai Gedung Putih tersebut di atas rata-rata gaji pegawai di AS yang mencapai US$ 44.300/tahun. Jumlah pegawai Gedung Putih 456 orang.


Contoh pegawai Gedung Putih yang gajinya tertinggi antara lain, Penasihat Senior Valerie Jarret dan Direktur Pengkajian Ekonomi Nasional Jeffrey Zients. Namun gaji mereka tidak berubah sejak 2010.


Sejumlah wanita juga masuk dalam pegawai dengan gaji tertinggi di Gedung Putih, antara lain Kepala Deputi Gedung Putih Anita Decker Breckenridge. Namun gaji rata-rata pegawai pria di Gedung Putih lebih tinggi, dibanding gaji rata-rata pegawai wanita.


Gaji rata-rata pegawai pria adalah US$ 88.600/tahun, sementara pegawai wanita US$ 78.400/tahun.


Namun menurut Biro Analis Ekonomi AS, tak hanya pegawai Gedung Putih, di AS, gaji pegawai negeri sipil (PNS) mencapai US$ 77.414/tahun, ini 44% lebih tinggi dari rata-rata pegawai swasta yang sebesar US$ 53.463/tahun.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!