Isi Pulsa Listrik Kini Bisa Lewat Ponsel, Ini Caranya

Jakarta -PT PLN (Persero) terus melakukan inovasi dalam pelayanannya. Khusus untuk pelanggan listrik prabayar dengan daya di atas 2.200 VA, bisa lebih mudah mengisi pulsa listrik (token) dengan layanan meter listrik pintar (prabayar) dengan komunikasi dua arah (MLPKDA) alias isi pulsa listrik otomatis.

“Penggunaan Meter Listrik dengan komunikasi dua arah ini merupakan inovasi yang dilakukan PLN sebagai upaya untuk meningkatkan layanan bagi pelanggan pengguna listrik pintar,” ujar Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dalam siaran pers, Kamis (3/7/20130.


Dengan ini, pelanggan tidak perlu melakukan input ke dalam meteran listrik secara manual. Ketika kWh meter prabayar pada posisi low credit dan harus segera dilakukan pengisian ulang token listrik, maka pelanggan akan menerima pemberitahuan (notifikasi) berupa sms langsung dari kWh meter yang diatur oleh sistem.


Pelanggan ketika melakukan pembelian token via Bank, ATM maupun loket lainnya, maka pulsa listrik di kWh meter akan secara otomatis di top up oleh sistem dan pelanggan akan langsung menerima sms notifikasi keberhasilan top up tanpa harus melakukan pengisian dengan input voucher token ke kWh meter.


Pelanggan tidak perlu lagi melakuan top up dengan meng-input kembali (manual) kode token yang sudah dibeli seperti yang sekarang dilakukan pada kWh meter prabayar yang umum digunakan pelanggan.


Meteran listrik yang akan digunakan adalah meteran listrik baru yang dilengkapi semacam modem transmitter yang terkoneksi dengan nomor handphone yang telah didaftarkan. Nomor handphone didaftarkan ke kantor PLN saat mendapatkan meteran baru. Secara otomatis, nomor akan terdaftar pada sistem. Saat membeli token atau pulsa listrik, pelanggan tinggal memberitahu nomor handphone yang terdaftar. Secara otomatis, pulsa akan terisi ke mteran tanpa harus input secara manual.


Untuk sementara layanan ini baru akan dapat dinikmati oleh pelanggan khusus yaitu pelanggan pengguna listrik prabayar dengan daya di atas 2200 VA ke, seperti : pelanggan korporasi, billboard, mesin ATM, BTS, dan Penerangan Jalan Umum. MLPKDA terdiri dari Meter Listrik Pintar dan Modul Komunikasi Data untuk komunikasi dua arah (perangkat telekomunikasi berupa modem dan sim card).Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!