Dua Capres Tak Singgung Soal Kenaikan Harga BBM di Debat Terakhir

Jakarta -Kedua pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) tidak menyinggung soal kebijakan reformasi subsidi energi (BBM dan Listrik) secara gamblang dalam debat Capres dan Cawapres terakhir semalam. Bahkan isu mengurangi subsidi BBM dengan cara menaikkan harga BBM, tak keluar dari mulut para Capres-Cawapres.

Analis Mandiri Sekuritas Aldian Taloputra mengatakan, kedua kandidat tidak memberikan arah kebijakan subsidi BBM yang akan diambil seperti apa. Padahal, hal ini justru menjadi hal penting untuk menekan angka defisit anggaran pemerintah akibat kenaikan angka subsidi BBM.


“Yang semalam kurang dibahas adalah kebijakan reformasi subsidi energi. Kedua kandidat tidak memberikan arah kebijakan subsidinya,” kata Aldian kepada detikFinance, Minggu (6/7/2014).


Aldian mengungkapkan, kedua kandidat hanya menjelaskan terkait perbaikan produksi minyak dan gas (migas) dan penggunaan energi terbarukan melalui konversi ke gas. Prabowo-Jokowi juga lebih fokus membahas soal adanya mafia di sektor energi dan pangan.


“Kedua kandidat masing-masing mengusung pentingnya perbaikan produksi migas dan penggunaan energi terbarukan. Konversi energi kepada energi yang lebih murah juga dilakukan untuk menghemat energi,” terangnya.


Ia menambahkan yang perlu digarisbawahi dari masing-masing program yang disampaikan adalah bagaimana implementasi nyata di lapangan. Masyarakat, kata dia, menunggu hasil nyata dari janji-janji yang disampaikan kedua kandidat.


“Saya rasa yang perlu digaris bawahi adalah implementasi program menjadi sangat penting, karena masalah energi dan pangan ini sangat krusial dan Indonesia memiliki tantangan yang tidak ringan dilihat dari penurunan produksi energi dan masih tingginya ketergantungan terhadap impor bahan makan,” tandasnya.Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!