Jokowi Sebut Harga Daging Rp 120.000/Kg, Ini Kata Prabowo

Jakarta -Calon presiden (Capres) nomor urut 2 Joko Widodo atau Jokowi bertanya soal tingginya harga daging sapi khususnya menjelang Lebaran kepada Capres nomor urut 1 Prabowo Subianto. Jokowi menyebut harga daging sapi saat ini tembus Rp 120.000/kg.

"Menjelang Lebaran harga daging sapi semakin mahal. Tadi pagi saya ke pasar harganya sudah Rp 120.000/kg. Mestinya dengan impor harga daging sapi stabil atau lebih murah. Bagaimana pandangan Bapak tentang kebijakan impor daging?" tanya Jokowi dalam Debat capres-cawapres terakhir antara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7/2014).


Mendengar itu, Prabowo mengakui, tren harga daging sapi selalu naik menjelang hari-hari besar keagamaan.


Menjawab pertanyaan ini, Prabowo juga menyatakan punya cara untuk mengurangi impor sapi/daging dan menekan tingginya harga daging. Prabowo punya rencana besar mengembangkan industri peternakan sapi di dalam negeri yang sekarang dilihat masih minim.


"Masalah daging atau komoditas pangan yang selalu naik terutama menjelang puasa. Yang harus dilakukan meningkatkan kapasitas petani kita untuk menambah jumlah ternak, menambah pengusaha yang menjalankan pabrik pemotongan sapi dan melancar distribusi dan produksi," paparnya.


Tetapi cara itu saja tidak mudah, salah satu yang akan dia lakukan adalah memperlancar pola distribusi pengangkutan sapi dan daging dari sentra-sentra produksi sapi di Indonesia.


"Sebenarnya kita hasilkan cukup banyak sapi tetapi mendatangkan sapi dari NTB lebih susah dari Australia. Masalah inilah yang harus kita perbaiki. Ini pekerjaan rumah besar bagaimana memperlancar di segala bidang termasuk daging, susu dan sumber protein lainnya. Perlu pendekatan komprehensif dan memperbaiki tata kelola pertanian dan perubahan paradigma dari ekonomi neoliberalis menjadi ekonomi kerakyatan," jelasnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!