Embel-embel Nama Artis Bikin Pakaian di Tanah Abang Makin Laris

Jakarta -Para pedagang di Tanah Abang berlomba-lomba menawarkan berbagai produk busana muslim hasil kreasi mereka sendiri dengan mengusung gaya dan nama busana para artis.

Misalnya beberapa tahun lalu sempat muncul fenonema 'Gamis Manohara', 'Gamis Ashanty', Gamis KD dan sebagainya. Selain itu ada juga sarung celana Ustadz Jefry Al Buchori (Uje), baju koko Pasha Ungu dan masih banyak lainnya.


Untuk tahun ini, para pedagang di Pasar Tanah Abang menawarkan busana muslim wanita yang diberi nama Syar'i yang menonjolkan jilbab lebar hingga menutupi bagian bawah pinggang sebagai aksen utamanya.


"Kita tawarkan yang banyak dipakai artis modelnya macam-macam tapi ini kalau orang tanya, kita sebutnya baju Syar'i," tutur Dwita, salah satu pedagang di Blok A Lantai LG Pasar Tanah Abang kepada detikFinance, Kamis (3/7/2014).


Ia menuturkan penamaan busana muslim ini banyak menggunakan nama-nama artis top Tanah Air dari mulai Oki Setiana Dewi, Krisdayanti (KD) hingga Pipik sapaan akrab istri almarhum Ustadz Uje.


"Kita beri nama untuk model masing-masing itu dengan nama artis. Karena yang banyak pakai itu artis-artis, kita terinspirasi saja untuk beri namanya," tutur Dwita.


Hasilnya, strategi penjualan semacam ini terbukti mampu mendongkrak popularitas busana yang para pedagang jual. "Kita sehari bisa jual lumayan banyak, apa lagi kalau Ramadhan seperti ini bisa laku 200-300 potong sehari," kata Ayu, pedagang lainnya.Next


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!