Jokowi Tekan Impor Daging Sapi, Prabowo Setuju

Jakarta -Calon presiden (Capres) nomor urut II Joko Widodo atau Jokowi punya strategi khusus untuk menekan impor daging dari negara lain. Caranya adalah dengan membagikan sapi bakalan gratis kepada para peternak di seluruh desa.

"Kita akan memberikan sapi bakalan kepadapara petani di seluruh desa dan semua petani harus ikut di dalam program ini," ungkap Jokowi dalam Debat capres-cawapres terakhir antara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7/2014).


Program ini menurut Jokowi menguntungkan, karena selain menambah jumlah populasi sapi di Indonesia, kotoran sapi dapat digunakan untuk pupuk dan sumber energi yang berguna bagi petani.


"Kita dapatkan pupuk dari sana kita juga bisa dapatkan energi dari kotoran sapi yang ada di kandang. Jangka panjang kita punya stok sapi hidup yang diperlukan untuk suplai daging sapi. Jangan sampai kita impor terus," paparnya.


Tetapi bila stok sapi masih kurang, Jokowi tidak ragu membuak keran impor. Asalkan impor yang dilakukan tidak dalam bentu daging beku tetapi dalam bentuk karkas yaitu daging plus tulang.


"Impor silakan tetapi bukan dalam bentuk daging tetapi dalam bentuk karkas. Harganya bisa bermacam-mcama jadi ada Rp 30.000, 45.000, 70.000/kg. Jadi tukang bakso juga bisa hidup dari karkas impor bukan daging impor yang dihargai lebih Rp 100.000/kg," katanya.


Capres nomor urut I Prabowo Subianto setuju atas usulan Jokowi. Tetapi Prabowo menegaskan bila terpilih menjadi presiden tugas yang akan dia lakukan adalah memberdayakan peternak sapi di Indonesia.


"Saya setuju dan saya dukung usulan bapak. Kalau saya jangankan karkas, saya inginkan ternak itu lahirnya di Indonesia. Karkas pun kalau perlu kita tidak impor. Kita harus melipat gandakan jumlah ternak kita di seluruh desa yang mampu membesarkan ternak. Ujungnya kita tidak perlu impor karkas," cetusnya.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!