Kereta di Sulawesi Bakal Lebih Canggih daripada Jawa dan Sumatera

Makassar -Pulau Sulawesi bakal memiliki jaringan kereta yang disebut jaringan kereta Trans Sulawesi. Kereta ini akan dibuat lebih canggih dari kereta di Jawa dan Sumatera.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hanggoro Budi Wiryawan mengatakan, beban ganda dari jaringan rel tersebut seberat 25 ton. Sehingga daya angkut kereta tersebut lebih besar.


"Dibandingkan di Jawa dan Sumatera di sini lebih besar," katanya di acara groundbreaking Kereta Lintas Sulawesi, di Makassar, Sulsel, Selasa (12/8/2014).


Menurutnya selain dari sisi daya angkut, kecepatan kereta yang bakal melintas di jalur Sulawesi pun dibuat lebih baik. Saat ini rata-rata kecepatan kereta jarak jauh di Jawa hanya maksimal 120 Km/Jam.


"Daya angkut KA ini akan lebih besar. Kecepatan desain mencapai 200 km per jam. Dibandingkan Pulau Jawa dan Suamtera hanya 120 km per jam," tambahnya.


Jalur kereta lintas Sulawesi tahap awal dari Makassar-Parepare sepanjang 145 km akan dilengkapi 23 stasiun. Investasi yang dihabiskan untuk proyek ini mencapai Rp 9,6 triliun.


"Dampak langsung adalah berkurangnya kerusakan jalan, mengurangi konsumsi BBM, dan mengurangi emisi gas buang," tutupnya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!