'Dipercantik' Lion Air, Bandara Halim Bakal Terhubung dengan Monorel dan MRT

Jakarta -Lion Air Group berencana mengembangkan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Untuk pengembangan, PT Adhi Karya Tbk (ADHI) ditunjuk sebagai kontraktor dan perancang desain bandara.

Adhi Karya mengusulkan pembangunan fasilitas moda monorel untuk lalu lintas penumpang. Jaringan monorel nantinya akan dihubungkan dengan Mass Rapid Transit (MRT) dan KRL Bandara Soekarno-Hattta di daerah Dukuh Atas. Panjang monorel diproyeksi sekitar 10-13 km.


"Kami usulkan bagaimana bisa diakses monorel dan connected dengan MRT," ujar Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan kepada awak media di Hotel Best Western, Jakarta Timur, Selasa (14/10/2014).


Adhi Karya juga merancang pembangunan underpass di area simpang Cawang untuk menghindari kemacetan. Underpass ini masuk ke dalam rencana pengembangan Bandara Halim.


Untuk area terminal, Bandara Halim akan dilengkapi oleh 17 garbarata sebagai penghubung antara terminal dan pesawat. Selama ini, Bandara Halim belum dilengkapi garbarata.


Sementara itu, di sisi infrastruktur landasan atau runway, Adhi Karya akan membangun runway pararel, taxiway, hingga penambahan kapasitas apron.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung lalu lintas pesawat yang akan terbang dan mendarat.


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!