Sumsel Punya Jalur KA Ganda dan 11 Stasiun Baru

Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (KAI) membangun jalur kereta ganda atau double track di wilayah Sumatera Selatan. Proyek ini terletak di wilayah Sumatera bagian Selatan, dengan panjang 22 kilometer.

Selain itu, KAI telah memutuskan membangun 11 stasiun baru berbarengan dengan pembuatan jalur ganda. Jalur ganda dan stasiun khusus ini, sudah diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan pada 9 Juni 2014.


"Jalur ganda ini menghubungkan Prabumulih-Niru, di Sumatera Selatan,' ujar Direktur Utama KAI Ignatius Jonan kepada detikFinance saat peresmian itu.


Pasca peresmian jalur ganda ini, KAI langsung memindahkan dan mengadakan 55 unit lokomotif khusus CC 205, untuk mendukung bisnis kereta angkutan barang di Sumatera Selatan. Selain itu KAI juga menambah jumlah gerbong terbuka menjadi 1.970 gerbong barang.


Penambahan jumlah armada ini untuk mengangkut batubara, yang dikelola oleh perusahaan pelat merah hingga pengusaha di wilayah Sumatera Selatan. Pada penghujung tahun, batu bara yang diangkut bisa mencapai 22,7 juta ton.


Program pembangunan infrastruktur kereta diklaim mampu menekan biaya logistik yang selama ini dikeluhkan pengusaha.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!