Lion Air Tantang Adhi Karya 'Percantik' Bandara Halim dalam 9 Bulan

Jakarta -Lion Group berencana mengembangkan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Bandara yang saat ini masih dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) ini nantinya akan diubah menjadi bandara kelas internasional.

Untuk menata dan merombak Bandara Halim, Lion Air menunjuk PT Adhi Karya Tbk (ADHI) sebagai kontraktor dan perancang desain bandara. BUMN karya ini ditantang untuk membangun terminal modern berkonsep green airport hingga perluasan runway dalam waktu singkat yaitu 9 bulan.


"Tantangan ini harus dibangun 8-9 bulan. Ini tantangan buat kami," kata Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan kepada awak media di Hotel Best Western, Jakarta Timur, Selasa (14/10/2014).


Untuk memenuhi tantangan tersebut, Adhi Karya akan memakai teknologi beton pra cetak atau pre cast yang dimiliki perseroan. Adhi Karya sendiri akan membangun terminal berkonsep green airport yang mampu menampung 11,5 juta pergerakan penumpang per tahun. Desain pun akan mengedepankan wajah atau karakter Indonesia.


"Ini pakai green building. Kita desain ada konsep batik," ujarnya.


Proses konstruksi akan dimulai pasca urusan administrasi tuntas. Adhi Karya pun dipercaya oleh Lion Group untuk mensinergikan regulasi kebandarudaraan dengan rencana pengembangan Bandara Halim.


"Kita tugaskan Adhi untuk sinkronkan. Jangan sampai ada benturan satu dengan yang lain," kata Direktur Umum Lion Group Edward Sirait.


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!