Sumsel Siapkan Proyek Jalur Kereta Api Sepanjang 295 Km

Palembang -Saat ini sedang disiapkan proyek pembangunan jalur kereta api (single track) dari Tanjung Enim-Tanjung Api-Api (TAA) di Sumatera Selatan (Sumsel) sepanjang 295 Km. PT Mega Guna Ganda Semesta (PT MGGS) dipilih menjadi pemrakarsa pembangunan proyek tersebut.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin masih mempelajari skenario perencanaan PT MGGS tersebut dan baru akan beri keputusan resmi pada 30 Oktober mendatang.


Hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Sumsel Ir Yohanes H Toruan Msc, ditemui usai paparan dokumen final feasibility study jalur kereta api Tanjung Enim-TAA, Palembang, Kamis (16/10/2014).


Menurutnya, pembangunan jalur kereta api sepanjang 295 km itu sudah disetujui Gubernur Sumsel dan masih menunggu sampai SK sebagai pemrakarsa projek ditandatangani.


"Rencananya pada 30 Oktober nanti Gubernur (Alex) akan tanda tangan pengesahan SK. Sejauh ini Gubernur sudah setuju,” Kata Yohanes.


Usai ditandatangani, dirinya bersama Gubernur Sumsel akan melakukan market sounding kepada semua pengusaha dan pelaku bisnis dari beberapa negara. Market sounding tersebut berguna sebagai bentuk sosialisasi dan pengenalan tentang proyek jalur kereta api itu.


"Jadi nanti pada 5-7 November aka nada Indonesia Infrastructure Conference di Jakarta, Gubernur akan mengumumkan (proyek single track) disana. Jadi akan banyak kepala negara di dunia yang tahu proyek ini,” ungkapnya.Next


(cha/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!