Airbus Kirim A320 Pesanan Lion Air

Toulouse -Pabrikan pesawat Prancis, Airbus, resmi mengirimkan pesawat A320 yang dipesan oleh PT Lion Mentari Airlines (Lion Air). Tiga pesawat yang dikirimkan tersebut akan dioperasionalkan untuk maskapai baru milik Lion Grup, Batik Air.

Pengiriman itu diawali dengan sebuah acara di Delivery Center Airbus, Toulouse, Prancis, Rabu (12/11/2014). Hadir dalam acara tersebut Presiden dan CEO Airbus Fabrice Bregier, CEO Lion Grup Rusdi Kirana, serta Dubes Indonesia untuk Prancis Rezlan Ishar Jenie.


Pengiriman ini merupakan pengiriman pertama dari keseluruhan pesanan Lion Air yang dibuat pada Maret 2013 lalu. Lion Air memesan sebanyak 234 pesawat Airbus keluarga A320, yang terdiri dari 109 unit A320neo, 65 unit A321neo, dan 60 unit A320ceo.


Penandatanganan perjanjian jual beli itu dilakukan di Istana Elyse dan disaksikan oleh Presiden Prancis Francois Hollande. Disebut-sebut nilainya mencapai 18,4 miliar Euro atau Rp 230 triliun.


Fabrice, yang kembali menyinggung deal itu saat acara pengiriman menyebut pesanan Lion Air merupakan terbesar bagi Airbus dan terbesar dalam dunia penerbangan sipil selama ini.


"Seremonial hari ini menandakan tonggak sejarah baru dalam hubungan kami dengan Lion Group dan dengan Indonesia, salah satu negara yang paling menjanjikan dan salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di dunia," kata Fabrice.


Rusdi merasa senang dapat menyambut pengiriman pesawat Airbus pertama untuk maskapainya. Dengan hadirnya pesawat tersebut, dan nantinya disusul oleh A320neo dan A321neo yang lebih besar, memungkinkan Lion Air untuk terus berkembang.Next


(irw/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!