Kemenkeu Lelang Jabatan Dirjen Pajak dkk, Keputusan Akhir di Tangan Jokowi

Jakarta -Proses lelang jabatan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah dimulai. Ada empat jabatan yang dilelang, yaitu Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), dan dua staf ahli Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Kiagus Badaruddin, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkeu menyampaikan, nantinya akan terpilih 3 orang untuk tiap jabatan yang dilelang. Sehingga totalnya ada 12 kandidat.


"Nantinya akan dipilih 3 tiap jabatan," ungkapnya di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (13/11/2014)


Kemudian, Menteri Keuangan akan menyerahkan 12 kandidat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ditentukan. Akan ada juga tim dari Presiden, yang kemudian memverifikasi calon kembali sebagai bahan pertimbangan.


"Menkeu mengusulkan ke Presiden. Nantikan Presiden ada tim penilai akhir lagi," jelasnya.


Kandidat terpilih akan masuk dalam Keputusan Presiden (Keppres). Selanjutnya baru dilantik oleh Menkeu dan melakukan proses serah terima jabatan (sertijab).


"Presiden yang menentukan lewat Keppres melalui usulan Menkeu," imbuhnya.


Proses lelang jabatan ini ditargetkan berlangsung sekitar satu bulan ke depan. Sehingga akhir Desember 2014 sudah didapatkan empat pimpinan eselon I yang baru.


"Akhir Desember mudah-mudahan sudah, kalau tidak ada perubahan," terang Badaruddin yang sekaligus Wakil Ketua Pansel Lelang Jabatan.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!