Batam dekat Singapura, Bisakah RI Bangun Pembangkit Listrik Nuklir?

Jakarta -Rusia menyatakan minatnya membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Batam, Kepulauan Riau. Jarak Batam dengan Singapura sangat dekat. Bisakah Indonesia membangun PLTN?

"Menurut saya pribadi, yang butuh listrik rakyat Indonesia. Selama berada di wilayah Indonesia mau ditempatkan di mana pun negara lain tidak boleh melarang atau keberatan," ujar Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto kepada detikFinance, Kamis (13/11/2014).


Djarot mengatakan, Batam merupakan daerah yang aman dari gempa atau tsunami, sehingga bisa memenuhi persyaratan sebagai lokasi paling ideal berdirinya PLTN.


"Apalagi kebutuhan listrik Batam dan daerah sekitar Kepulauan Riau juga sangat tinggi, masih banyak daerah yang belum menikmati listrik 24 jam. Tentunya ini baik bagi kita," ungkapnya.


Namun, Djarot mengakui, pihak Rusia belum terlalu detail terhadap investasi PLTN di Batam tersebut.


"Kita belum bicara berapa besar kapasitas PLTN-nya, investasinya berapa dan lainnya, tentu akan dibicarakan lebih lanjut," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!