Menperin Saleh Husin 'Blusukan' ke Pabrik Semen di Kupang

Kupang -Pada lawatan ke kampung halamannya, Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin menyempatkan mampir dan meninjau pabrik semen milik PT Semen Kupang (Persero) di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini, Saleh blusukan untuk menengok kondisi Semen Kupang yang memiliki 2 pabrik semen dengan kapasitas 120.000 ton dan 300.000 ton tersebut.

Pada kunjungan ini, Saleh menerima penjelasan tentang kondisi pabrik. Dari 2 pabrik milik Semen Kupang, hanya 1 pabrik yang beroperasi dan 1 lagi tidak beroperasi. Pabrik yang tidak beroperasi kondisinya sudah usang, bahkan atapnya banyak yang sudah berlubang.


Di sini, Saleh menerima penjelasan dari Direktur Utama PT Semen Kupang, Abdul Madjid Nampira.


"Lalu pabrik dihentikan. Sebelum menghentikan SK1, dibangun SK 2. Kapasitasnya 300.000 ton per tahun," kata Abdul kepada Saleh di lokasi pabrik, Kupang, NTT, Sabtu (15/11/2014).


Abdul, di depan Saleh, menjelaskan pangsa pasar Semen Kupang. Pangsa pasar BUMN semen ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan para produsen semen yang ada di Indonesia.


Dari 65 juta ton kapasitas produksi perusahaan semen nasional Indonesia,‎ Semen Kupang hanya menyumbang 0,45% dari total produksi nasional.


"Industri semen berkonsentrasi di Jawa dengan kapasitas besar," tuturnya.Next


(zul/feb)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!