Bagaimana Mengatur Gaji Rp 2,4 Juta untuk Biaya Kuliah dan Cicil Motor?

Jakarta -Pertanyaan dari Pembaca: Nama saya Yosep. Saya bekerja di Jakarta dengan penghasilan Rp 2,4 juta/bulan. Selain kerja saya juga kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta.

Saya ingin bertanya bagaimana saya dapat mengatur uang atau gaji saya supaya cukup untuk biaya hidup, bayar kuliah, dan saya ingin menabung.


Pengeluaran wajib saya selama ini di luar kuliah adalah bayar kost-an dan cicilan motor, yang jumlahnya Rp 850.000. Untuk biaya kuliah Rp. 3,5 juta per semester.


Jawaban:

Mas Yosep,


Saya hanya akan membagi pengeluaran Anda untuk yang sifatnya wajib, sifatnya pasti dalam 6 bulan, serta yang dapat dihemat. Silakan ikuti anggaran arus kas yang saya susun untuk Anda setiap bulannya.


Gaji Rp 2.400.000


Cicilan motor & kost Rp 850.000

Biaya hidup Rp 700.000

Hiburan Rp 100.000

Tabungan kuliah Rp 600.000

Investasi Rp 100.000 Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!