Mengintip Pabrik Semen di Tengah Hutan Thailand

Lampang -SGC, perusahaan semen asal Thailand, memiliki banyak lini usaha. Salah satunya adalah Siam Cement (Lampang) Co Ltd yang merupakan fasilitas produksi semen yang terletak di provinsi Lampang, Thailand.

Keunikan fasilitas ini adalah lokasinya. Siam Cement (Lampang) menempati wilayah hutan konservasi. Luas fasilitas ini mencapai 1.160 hektar.


“Namun, fasilitas ini hanya 10% dari total area huutan konservasi,” kata Surachai Nimlaor, Managing Director Siam Cement (Lampang) Co Ltd, di lokasi, Lampang, Thailand, Kamis (13/11/2014).


Fasilitas ini, lanjut Surachai, berdiri sejak 1994 dan mulai beroperasi serta berjalan secara komersil pada 1996. Kapasitas produksi Siam Cement (Lampang) adalah 2,4 juta ton per tahun.


Sekitar 80% produksi tersebut ditujukan untuk pasar domestik Thailand. Sementara sisanya untuk diekspor ke sejumlah negara.


Total karyawan tetap di Siam Cement (Lampang) berjumlah 292 orang ditambah dengan 1.300 pegawai kontrak. Dari jumlah itu, 71% karyawan tetap dan 97% pegawai kontrak adalah warga asli Lampang.


“Selain menciptakan lapangan kerja, kami juga berkontribusi dengan membayarkan pajak. Setiap tahunnya, pembayaran pajak kepada pemerintah provinsi adalah 500 juta baht,” kata Surachai.


(hds/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!