Menkeu Bambang Undang Puluhan Analis Malam-malam: Bahas Tol Laut dan BBM

Jakarta -Sekitar pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro beserta jajarannya menerima puluhan analis ekonomi di kantor Kementerian Keuangan. Sejumlah agenda ekonomi dibahas.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo usai pertemuan mengatakan, pihaknya dan analis ekonomi membahas soal perkiraan kondisi ekonomi tahun depan, beserta tantangan dan jalan keluarnya.


"Kita juga singgung soal pendapatan terutama dari pajak, dan bagaimana upaya meningkatkan dari sisi kepatuhan (wajib pajak) bagaimana," tutur Mardiasmo usai pertemuan di kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (12/11/2014).


Kemudian, dibahas juga dalam pertemuan tersebut soal anggaran untuk infrastruktur, serta rencana kenaikan harga BBM subsidi.


"Dibahas mengenai subsidi BBM, listrik, dan bagaimana memindahkan alokasi subsidi energi ke anggaran yang lebih bermanfaat," jelas Mardiasmo.


Sumber-sumber pembiayaan infrastruktur yang akan diambil pemerintah juga menjadi bahasan pertemuan itu. Pemerintah berharap, ke depan, belanja anggaran diarahkan untuk infrastruktur, seperti tol laut.


"Kita berharap spending (belanja anggaran) lebih kepada infrastruktur seperti tol laut. Dan infrastruktur dasar, seperti irigasi dan kemudian juga pelayanan kepada masyarakat. Jadi pertemuan dengan analis hanya semacam update supaya akrab dengan kebijakan pemerintah," papar Mardiasmo.

Usai pertemuan, Ekonom PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), A Prasetiantoko mengatakan, penyampaian program ekonomi yang disampaikan masih normatif.Next


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!