Belanda Punya Jalan Penyerap Tenaga Surya Pertama di Dunia

Krommenie -Jalan penyerap tenaga surya kini hadir di Belanda. Ini merupakan jalan pertama di dunia yang bisa menyerap tenaga matahari dan mengubahnya jadi listrik untuk kebutuhan kota.

Jalanan canggih ini dibuat menjadi jalur sepeda sepanjang 230 kaki (70 meter) di sebuah kota bernama Krommenie. Jalur percobaan ini dikembangkan oleh SolaRoad.


"SolaRoad adalah perusahaan pertama di dunia yang bisa membawa Belanda menjadi yang terdepan dalam inovasi ramah lingkungan," kata Henk Kamp, Menteri Keuangan Belanda dalam peresmian jalan tenaga surya tersebut, seperti dikutip CNN, Sabtu (15/11/2014).


Jalanan tersebut dibuat dari campuran batuan keras dan solar cells (penyerap tenaga surya) yang dilapisi kaca anti pecah.


Energi matahari yang diserap jalan ini akan digunakan oleh banyak alat elektornik kota, mulai dari lampu jalanan dan lampulalu lintas, hingga kebutuhan rumah tangga warganya.


Jalanan ini masih dalam tahap percobaan selama tiga tahun depan. Jika berhasil, akan banyak jalan penyerap tenaga surya di kota-kota Belanda lainnya.


(ang/feb)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!