Rusia Mau Bangun PLTN di Batam, BATAN: Lokasinya Aman!

Jakarta -Rusia berminat ingin membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Batam, Kepulauan Riau. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) memastikan, daerah Batam aman sebagai lokasi berdirinya PLTN.

"Batam salah satu lokasi atau daerah yang aman sebagai lokasi PLTN," ucap Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto kepada detikFinance, Kamis (13/11/2014).


Djarot mengatakan, yang membuat Batam aman sebagai tempat lokasi PLTN, karena daerahnya yang bebas dari gempa bumi dan tsunami.


"Karena bebas gempa dan tsunami," ungkapnya.


Ia menambahkan, daerah lain yang masuk kategori paling aman dibangun PLTN di Indonesia adalah Bangka Belitung dan daerah lainnya di Kepulauan Riau. Memang belum bisa dipastikan kapan pembangunan ini berlangsung, karena pihak Rusia baru mengajukan minatnya saat bertemu Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.


"Sepanjang Kepulauan Riau seperti Bangka, Belitung, Batam itu aman semua kalau mau dibangun PLTN. Yang kurang ini di bagian Sumatera bagian Selatan karena berada di jalur gunung api, tapi di sana banyak potensi panas bumi (geothermal)," tutupnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!